Friday, July 21, 2017

6 Langkah Membangun Blog Untuk Pemula

Pixabay.com

Sebelum membahas topik kali ini saya ingin bertanya terhadap kawan-kawan semua. apa tujuan kalian nge blog? apa karna hobi atau mencari keuntungan dari blog. mungkin banyak diantara kalian termasuk saya yang terobsesi dengan namanya nge blog entah itu untuk hobi atau tujuan tertentu, manfaat dari nge blog sangat banyak misalnya memperluas wawasan di dunia internet sehingga bisa memberikan manfaat untuk orang lain dari hasil kita nge blog, misalnya blog membahas tutorial tentu akan membuat kita senang bisa membantu orang lain dengan ilmu yang kita tulis di blog tersebut.

Tidak sedikit juga blogger yang gagal karna banyak faktor. khususnya banyak saingan. jelas saja banyak blogger yang tumbang akibat persaingan semakin canggih sehingga membuat kita tidak bisa bertahan apalagi blog yang kita bangun kurang dari bumbu-bumbu layak nya blog professional. Nah, kali ini saya ingin membagikan trik supaya blog yang kalian bangun bisa berkembang dan tentu nya bisa menghasilkan uang.

1. Penulisan yang Unik dan Bermanfaat bagi Pembaca
Tujuan kalian membuat blog adalah ingin membagikan ilmu yang kalian punya sehingga bermanfaat bagi orang lain. oleh karna itu dalam bentuk penulisan harus enak ketika pengunjung membaca artikel demi artikel yang ada dalam blog kalian, mungkin kalian perlu bumbu untuk memodifikasi tulisan atau bahasa sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kalian. penting!! setiap tulisan harus unik ditambah guyonan sedikit sehingga tidak monoton, ada suasana dimana pembaca ketawa tetapi bermanfaat apa yang mereka (pembaca) cari.

2. Perkenalkan di Sosial Media
Berbicara mengenai sosial media tentu banyak manfaat tersendiri bagi penggunanya. hampir setiap orang memiliki sosial media seperti Fb, Twitter, Instagram dan lainnya. ini menjadi kesempatan besar bagi para blogger untuk mengembangkan blog mereka dan memperkenalkan sehingga blog yang kalian bangun bisa dikenal orang lain di dunia internet. dengan begitu sedikit demi sedikit blog kalian akan berkembang.

3. Sering Berkunjung Sesama Blogger dan Meninggalkan Jejak
Bergabunglah dengan Group Blogger Indonesia, karna banyak manfaat tersendiri dalam group tersebut. yups, dari namanya saja pasti kalian mengira bahwa group tersebut kumpulan blogger indonesia darimana asal mereka pasti ada disana, ada yang mencari ilmu sesama blogger atau saling memperkenalkan blog sesama blogger, sehingga dengan begitu blog kalian cukup dikenal sesama blogger dan bisa menjadikan referensi bagi blogger lain. jangan lupa juga untuk sering Blogwalking (BW).

Apa itu Blogwalking? blogwalking adalah mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan jejak dikomentar yang tersedia ini untuk memancing supaya blogger lain juga berkunjung ke blog kita. berikan komentar yang positive dan relevan dan jauh dari kata Spam yang dianggap jelek oleh Google.

4. Sering Update Minimal Satu Artikel per Hari
Nah, ini yang paling penting selalu konsisten ketika ingin memulai sebuah blog. kenapa harus setiap hari untuk update artikel? kenapa ngga seminggu 2 kali. memang tidak begitu bermasalah namun ke konsistenan lah yang patut kita jaga dalam dunia blogger, satu artikel per hari itu sangat sederhana,  memang diawal semangat membangun blog namun ketika meninjak satu minggu atau satu bulan rasa malas pun akan menghampiri sehingga membuat kita tumbang diperjalanan dan waktu yang kita gunakan hanya sia-sia karna malasnya update setiap hari.

5. Cari Referensi dari Situs/Web Orang lain
yang terkahir ini sebenernya sama dengan cara nomer 3 yaitu berkunjung ke blog orang lain. namun hal ini beda, yakni lebih mencari motivasi dari artikel orang lain bukan Copy Paste yak. hanya mencari Referensi supaya dapat ide untuk tulisan selanjutnya, biasanya ide akan datang bila membaca web orang lain yang cukup populer karna banyak manfaat sehingga membuat semangat kembali menyala untuk menulis.

tiga kata dari saya ketika mengunjungi situs orang lain yakni : tiru, amati dan modifikasi ingat jangan Copy Paste karna sangat rawan, dan bisa kena pentung oleh pihak Google bila yang kalian Copy Paste melaporkan blog kalian karna tulisan hasil merka kalian Copas ke blog.

6. Jangan Tergesa-gesa dengan Iklan
Apa untung nya jika blog baru dimulai sudah dipenuhi iklan terutama iklan yang muncul ketika melkaukan sembarang klik (Pop Up) ini sangat beresiko terhadap blog kalian dan membuat pengungjung malas lagi untuk balik ke blog kita. memang pendapatan iklan sangat besar jika blog yang sudah mempunyai pengunjung yang lumayan besar yakni di kisaran 10.000+ /hari. dan demi kenyamanan pengunjung jangan dulu memsang iklan untuk blog baru dibangun. intinya jangan terlena oleh uang jika ingin blog kalian berkembang dan dikenal orang banyak.

Nah, kurang lebih nya seperti diatas ketika membangun blog untuk pemula sehingga bisa berkembang dan nanti nya menghasilkan.